Bersama Formasi Baru, Lorjhu’ Melepas Single Anyar

Selepas album perdana Paseser, Lorjhu’ kembali dengan singel terbaru yang berjudul “Abhantal Ombak”. Singel yang menjadi gerbang menuju album kedua ini akan tersedia secara digital mulai 26 Mei 2023.

Judul “Abhantal Ombak” diambil dari penggalan semboyan pelaut Madura yang berarti ‘berbantalkan ombak’. Lagu ini menggambarkan jalan manusia dalam hubungan batiniyah dengan kekasih dan Sang Pencipta, dianalogikan sebagai aktivitas nelayan yang hidup dan matinya ditumpahkan di atas lautan. Dalam “Abhantal Ombak”, Lorjhu’ mencoba menggapai sosok kekasih yang tak pernah ia jumpai, tidak saling mengenal, namun cinta dan rindunya melebihi apapun.

“Abhantal Ombak” dipilih sebagai singel pertama karena proses penulisannya yang cukup rumit, sehingga dahaga untuk melepas lagu ini ke publik begitu besar. 

“Ini salah satu lagu yang melewati banyak proses, ada beberapa kali perubahan aransemen. Dari bunyi awalnya yang sangat mendayu kemudian menjadi lebih dinamis dengan sentuhan rock di dalamnya,” ujar Badrus Zeman, pentolan Lorjhu’.

Lirik dan lagu “Abhantal Ombak” diciptakan oleh Badrus Zeman yang juga mengisi posisi gitar dan vokal utama. Proses rekaman “Abhantal Ombak” dikerjakan di MRH Studio+, kecuali untuk drum yang dilakukan di Starlight Studio oleh Wendy Aditya. Hasil rekaman diramu dan dimastering oleh Reza Hilmawan juga di MRH Studio+.

Perilisan singel “Abhantal Ombak” akan berbarengan dengan video musiknya yang hadir di kanal YouTube Lorjhuk Musik. Sebagai pakem yang selalu diterapkan oleh Lorjhu’, video musik “Abhantal Ombak” mengambil latar suasana di Madura, diproduksi secara mandiri di sana. Dibantu oleh Azmigaf pada divisi sinematografi serta disutradarai langsung oleh Badrus Zeman.

Video musik ini memperlihatkan laut Selat Madura, dan menampilkan Lorjhu’ yang mencoba menaklukkan deburan ombak kencang di atas perahu nelayan lengkap dengan peralatan musik. Pengambilan gambar juga dilakukan di pulau Gili Pandan, dan di sebuah pulau tak berpenghuni di tengah laut Selat Madura. Transportasi laut untuk mengakses lokasi pengambilan gambar didukung oleh para nelayan setempat. Proses penyuntingan dan pasca-produksi video dikerjakan sepenuhnya oleh Badrus Zeman.

Pengantar Menuju Album Kedua

“Abhantal Ombak” adalah singel yang sekaligus menjadi jembatan menuju album penuh kedua Lorjhu’, Parenduan, yang akan dilepas pada pertengahan tahun ini. Terdiri dari 9 trek segar dengan nuansa yang belum pernah tampil dalam karya-karya rekaman Lorjhu’ sebelumnya. Deretan lagu dalam album Parenduan lebih merupakan bagian dari perjalanan batiniyah ketiga punggawa Lorjhu’.

Parenduan diambil dari nama dusun Prenduan di Madura, yang namanya berasal dari kata dasar ’arenduh’, memiliki arti bersimpuh, atau rehat sejenak. Album ini punya keterkaitan dengan pengalaman Badrus Zeman yang sedari kecil lahir dan besar di dusun tersebut.
Album Parenduan menggambarkan koleksi peristiwa yang ditangkap oleh memori dan melekat dalam benak Badrus, dari titiannya dalam hal spiritualitas, hingga curahan hati yang bersifat sangat pribadi.

Wajah Baru Lorjhu’

Singel “Abhantal Ombak” juga menjadi salam perkenalan dari wajah Lorjhu’ yang baru, yang awalnya berupa proyek solo Badrus Zeman, lalu berevolusi menjadi sebuah band pada Juli 2022 silam. Dengan format trio rock yang penuh tenaga, Lorjhu’ kini digawangi oleh Badrus sebagai vokalis yang juga bermain gitar, Insan Negara sebagai pemain gitar bas, serta Gaharaiden Soetansyah yang menjadi penggebuk drum dan perkusi.

Formasi ini menawarkan paket bebunyian Lorjhu’ yang lebih komplit dan bertenaga. Diracik mengikuti nilai-nilai kelokalan Madura lewat sentuhan pribadi ketiga punggawa Lorjhu’, menghasilkan narasi kontemporer yang tetap dekat dengan ekspresi kaum muda.  

Rilisan Pertama Bahasa Ibu Records

“Abhantal Ombak” dari Lorjhu’ dilepas sebagai rilisan perdana dari Bahasa Ibu Records (BIR), sebuah label rekaman turunan dari demajors yang berfokus pada karya musik populer dengan nilai tradisi lokal Indonesia. BIR sendiri aktif mulai 21 April 2023, dan akan berkegiatan sebagai sebuah label rekaman yang juga menjadi media atau platform untuk para musisi terkait.

Dukungan dari BIR juga akan hadir dalam beragam rupa konten dan segmen dari karya rekaman musik segar yang sudah terkurasi, untuk seluruh penikmat berskala lokal dan global.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *