demajors radio: Rayakan Ragam Musik dalam Satu Frekuensi

Tak sekadar memproduksi album rekaman, demajors juga memiliki upaya untuk memperkenalkan dan memperdengarkan karya musisi Indonesia ke skala yang lebih luas.

Sejak tahun 2010, lahirlah demajors radio yang berbasis online dan mengudara setiap hari 24 jam non-stop dengan aneka jenis program siaran serta playlist musik yang bervariasi. Tepat di hari kasih sayang, 14 Februari 2010, demajors radio resmi mengudara di dunia maya. Program siarannya dipancarkan langsung dari ruangan studio di lantai dua kantor demajors di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

“Awalnya saya ajuin ke pak David Karto ide buat bikin radio online dan dia setuju dengan gagasan yang kita usung yaitu memperkenalkan lagu-lagu terbaik yang berimbang,” tutur Galih Radityo, selaku Station Manager pada saat itu.

Dengan merangkul jumlah pendengar setia yang cukup banyak untuk sekelas radio online, demajors radio memiliki strategi dan cara tersendiri  dalam mengembangkan program siarannya. Setiap hari demajors radio menyajikan playlist musik dan obrolan ringan seputar musik dengan tema dan suasana yang unik.

Gaya siaran semacam ini terbukti cukup ampuh untuk memperkenalkan referensi musik yang lebih beragam kepada masyarakat umum. Bahkan cara ini mampu merangkul pendengar baru di daerah-daerah pelosok Indonesia, yang akses dan distribusi rilisan fisiknya tidak semudah di kota besar.

“Pendengarnya banyak banget, karena kita pantau dari tweet yang masuk juga dan rata-rata dari luar daerah, sampai ada yang dari luar negeri segala,” kata Ari yang sehari-hari menangani operasonal demajors radio.

Suasana siaran di demajors radio – Foto dok. Harian Nasional.

Mengarus setiap hari selama 24 jam non-stop, demajors radio juga melihat peluang yang besar dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan tehnologi digital di kalangan anak muda serta penikmat musik. Saat ini demajors radio semakin mudah diakses di mana saja dan punya jangkauan yang lebih luas. Sehingga misi demajors untuk memperkenalkan musik Indonesia bisa dijangkau secara global, bahkan oleh pendengar di skala internasional.

Selama satu dekade terakhir, sudah beraneka ragam program siaran yang dirancang oleh demajors radio. Beberapa program yang selalu mendapat atensi sangat besar dari pendengar antara lain Rock On Monday, Digital Lounge, Time Machine, Djarumondo, Tengah Hari Bolong, Sabotage, Rendem, dan banyak lagi.

Beberapa kali demajors radio juga memproduksi program off air seperti event, gigs, atau meet & greet bersama artis/musisi yang sedang populer. Termasuk juga menyiarkan berbagai pertunjukan atau festival musik secara live streaming kepada pendengarnya.

Program siaran demajors radio bisa diakses melalui aplikasi mobile di perangkat Android dan IOS. Bahkan keseruannya juga bisa disimak secara live streaming pada kanal demajorsTV di jaringan YouTube, komplit dengan suasana siaran di studio dalam versi audio visual.

Saat ini siaran demajors radio dipancarkan dari demajors Jakarta di kawasan M-Bloc Space, Jakarta Selatan. Berbalut suasana record store dan spot tongkrongan anak muda yang populer bikin suasana siaran demajors radio semakin seru dan menyenangkan. Di sana publik bisa menonton dan berinteraksi langsung di sela-sela siaran. Bahkan berbincang dengan musisi tamu atau narasumber atau menyaksikan beragam program seru di sana.

Untuk menikmati pengalaman mendengarkan aneka ragam musik secara non-stop, silakan stay tune pada program demajors radio di sini.

https://www.instagram.com/p/B9mByj1HmS5/

*Baca juga kisah perjalanan demajors radio melalui: Situs DetikHot, Blog Pewarta Visual, dan Arsip Blog demajors radio.

*Baca juga artikel lainnya terkait Perayaan 20 Tahun demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →