Record Store Day 2020 Ditunda

Seperti yang sudah banyak diberitakan, hajatan Record Store Day (RSD) tahun ini resmi diundur akibat meluasnya wabah Covid-19 di seluruh belahan dunia. Gelaran tahunan untuk memperingati “hari toko rekaman” yang sedianya digelar tanggal 18 April itu terpaksa harus diundur hingga tanggal 20 Juni 2020.

Pengumuman ini diunggah oleh akun Instagram resmi Record Store Day Indonesia yang merujuk kepada berita dari situs resmi recordstoreday.com.

“Kami memutuskan bahwa langkah terbaik untuk semuanya adalah mengganti tanggal perayaan Record Store Day tahun ini menjadi Sabtu, 20 Juni,” tulisnya. “Kami pikir [pengumuman] ini memberi toko-toko di seluruh dunia kesempatan terbaik untuk memiliki RSD yang menguntungkan dan sukses, sambil mempertimbangkan rekomendasi dokter, ilmuwan, WHO, Pusat Pengendalian Penyakit dan kebutuhan untuk menjadi warga negara yang baik dari komunitas lokal maupun dunia.”

Di Indonesia, Record Store Day 2020 rencananya akan dirayakan pada tanggal 18-19 April 2020 di Kuningan City Ballroom, Jakarta. Beberapa kota besar juga biasanya rutin menggelar RSD di daerahnya masing-masing. Sebagian besar malah sudah menyiapkan diri dengan mematok waktu dan tempat pelaksanaan seperti misalnya Jogja, Surabaya, Bali, dan kota-kota lainnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran RSD di Indonesia biasanya serupa bazaar atau festival yang dipenuhi dengan aktifitas records fair, talkshow, hingga live music. Di hari yang sakral itu juga kerap muncul beberapa rekaman fisik dalam format kaset, CD dan piringan hitam yang dirilis khusus dan eksklusif pada momen RSD tersebut. Hari itu bak lebaran bagi para pedagang dan kolektor rekaman fisik.

Kabar penundaan momen RSD 2020 ini tentu sangat memukul asa seluruh toko rekaman, label rekaman, distributor, manufaktur, musisi/band, dan segala sektor ekosistem musik di era pandemi yang penuh dengan ketidakpastian seperti sekarang ini. Tidak ada yang tahu kapan wabah ini usai dan kondisi bisa kembali normal. Semoga badai ini segera berlalu.

Stay at home. Stay safe. Support your independent records store!

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *