Tropical Flower: Talenta Musik Pop Asal Bengkulu

Bengkulu belum meninggalkan jejak yang kuat dalam perjalanan musik populer negeri ini. Sulit sekali menjawab pertanyaan tentang siapa talenta musik yang identik dengan kota atau provinsi sebelah Barat pulau Sumatera itu, padahal kehidupan bermusik tidak pernah padam di Bumi Raflesia.

Salah satu talenta paling menarik adalah unit musik bernama Tropical Flower, yang merilis single baru bertajuk “Beranda Rumahmu” pada 17 Maret 2023 lewat kerjasamanya dengan demajors.

Tropical Flower merupakan kendaraan musik seorang Agus Wijaya Hadi sejak tahun 2008. Agus, yang hariannya bekerja sebagai seorang pegawai, kerap dibantu oleh beberapa rekannya untuk tampil secara live di seputaran kota Bengkulu.

Pada tahun 2010 Tropical Flower merilis single pertama berjudul “Purnama”, yang kemudian masuk ke dalam album kompilasi talenta musik baru pulau Sumatera bertajuk Jong Sumateranen Bond, rilisan Purapura Records, sebuah label rekaman asal Jakarta.

Agus kemudian mengajak Gustu Fardian, menghasilkan sebuah album mini berisi 5 lagu pada tahun 2013. Rilisan CD tersebut dilepas secara mandiri, dipasarkan ke teman-teman dekat.

Single “Beranda Rumahmu” merupakan bagian dari sesi rekaman Tropical Flower di Kanamusik Studio, Bandung pada 2019-2020, di mana Agus ditemani oleh dua personel yang baru direkrutnya di sana; Angga Aurora yang bermain kontrabas, dan Fadly Doel Surbakti pada alat tiup.

Menyusul dua single sebelumnya dari sesi yang sama; “Antara Bandung dan Bengkulu” (2021) dan “Mawar” (2022), “Beranda Rumahmu” juga menampilkan sensasi nostalgia pop Indonesia paska kemerdekaan dengan kesederhanaannya yang bersahaja.

“Tentang keseharian sebagai orang Indonesia yang pernah tinggal di berbagai tempat dan wilayah perkampungan di Nusantara. Memori yang melekat sejak kecil, sebelum hadirnya teknologi modern,” jelas Agus.

Artwork dikerjakan oleh seorang ilustrator muda berbakat asal Sumatera Barat, Hanif Hamdani. Video lirik, yang sudah tersedia di YouTube, dibesut oleh Rakhmat Alfian.

Single “Beranda Rumahmu” dapat didengarkan di seluruh digital streaming platform mulai tanggal 17 Maret 2023.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *