Bersulang untuk 23 Tahun Shaggydog

Tempo hari, 1 Juni 2020, Shaggydog tepat merayakan ulang tahunnya yang ke-23. Beranjak dewasa, mungkin kata yang tepat untuk seorang remaja yang menginjak usia 23 tahun. Masih ada ugal-ugalannya sedikit, tetapi lebih terarah. Begitu juga yang terjadi pada band asal kampung Sayidan, Yogyakarta, ini.

Shaggydog terbentuk pada tanggal 1 Juni 1997 di Sayidan, sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai di tengah kota Yogyakarta. Band yang beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo’ ini sepakat untuk menyebut musik yang mereka mainkan sebagai “Doggy Style”, yaitu perpaduan antara beberapa unsur musik seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock. Shaggydog dipengaruhi oleh band-band seperti Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, dan Song Beach Dub Allstars.

Asam garam industri musik telah kenyang mereka santap. Dari bergabung ke major label sampai membuat record label sendiri. Berkolaborasi dengan para musisi papan atas bahkan persekutuan mengejutkan bersama duo hip hop dangdut, NDX AKA, yang menuai pro kontra tapi malah membawa mereka menyabet AMI Awards.

Sepanjang karirnya, Shaggydog telah merilis total enam album dan beragam single. Mereka juga sempat merilis DVD bertajuk Berdansa Bersama Shaggydog yang diedarkan oleh demajors pada tahun 2013.

Dari perkampungan pinggir sungai di Sayidan kemudian melanglang buana ke segenap penjuru tanah air dan menjelajah benua Eropa, Amerika dan Australia tidak membuat sikap humble mereka tergerus. Shaggydog pun dikenal sebagai band yang mengayomi dan peduli dengan keadaan teman-teman di sekelilingnya.

“Kami bersyukur, bahwa sampai hari ini kami masih sehat dan bersama walaupun harus merayakan hari istimewa dengan kondisi dunia yang kurang baik, seperti saat ini,” ucap Heruwa sebagai perwakilan Shaggydog.

Heruwa juga mengungkapkan, “Kami juga ingin berterima kasih, kepada seluruh Doggies, yang selalu setia mendukung kami dalam kondisi apapun, karena tanpa kalian, segala pencapaian ini akan mustahil. Apapun yang terjadi, mari kita bersama menjaga semangat dan ‘api kehidupan’ tetap menyala. Selalu optimis dalam doa. Semoga kesehatan, kekuatan, kesejahteraan dan kemakmuran selalu menyertai kita semua.”

Khusus pada momen perayaan ulang tahun ke-23 ini, Shaggydog kabarnya sedang menggodok sesuatu yang spesial bagi para Doggies. Tunggu saja kabar selanjutnya dari mereka. Salam bersinar dari Sayidan!

Saksikan penampilan Shaggydog pada panggung Synchronize Fest 2017 di sini:

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →