Hari Demi Hari Bersama Mocca

Bertepatan dengan ulang tahun ke-21, Mocca merilis album bertajuk Day By Day versi deluxe edition sejak bulan November 2020. Disusul pada tanggal 24 Desember 2020, demajors resmi merilis CD album Day By Day dalam kemasan edisi reguler.

Day By Day merupakan album yang berisi eksplorasi baru. Mocca menawarkan harapan dan optimisme, dua hal yang dibutuhkan pada saat-saat sekarang ini. Sebelumnya, Mocca telah merilis single “Simple I Love You”, “Everything Is Gonna Be Fine”, dan “There’s a Light at the End of the Tunnel”.

Sebenarnya Mocca sudah berencana merilis album mini pada momen Record Store Day di bulan April 2020 lalu, namun gagal diwujudkan dikarenakan pandemi yang menerpa. Tidak mau berpangku tangan, Mocca justru mengubah rencana album mini menjadi album penuh. Untuk itu mereka harus membuat lebih banyak lagu yang diproduksi dari rumah masing-masing personel lantaran penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Peluncuran album studio keenam ini dilakukan sekaligus merayakan ulang tahun Mocca ke-21. Album ini diproduseri oleh Mocca dan dirilis sendiri melalui Lucky Me Music. CD deluxe edition Day By Day disuguhkan dalam kotak yang dirancang dan diilustrasi secara apik oleh Iyoichi, serta menampilkan jam bertenaga baterai yang berkaitan dengan tema album mengenai menjalankan hidup secara hari demi hari.

CD deluxe edition itu hanya dicetak 500 kopi dan mulai diedarkan pada tanggal 20 November 2020, bertepatan dengan dirilisnya single “Brand New Day”. Sementara CD versi reguler dirilis sejak 24 Desember 2020 melalui jaringan distribusi demajors. Setelah itu, Mocca akan merilis lagu demi lagu setiap bulan hingga album Day By Day versi digital tersedia komplit pada bulan Maret 2021.

Dalam karya album kali ini, Arina Ephipania (vokal, ukulele), Riko Prayitno (gitar, bas, vokal latar), Toma Pratama (bas, vokal latar) dan Indra Massad (drum, vokal latar) menawarkan harapan dan optimisme.

Di sini Mocca berkolaborasi dengan Vega Antares yang mengisi kibor, gitar dan vokal latar; Nanin Wardhani yang bermain akordeon dan kibor; Akbari “Bane” Hakin dari band Rosemary yang menyumbang terompet; Enrico Octaviano yang menambahkan synthesizer; dan Hiroaki Kato yang menyanyikan vokal latar. Sementara itu, Rekti Yoewono dari The S.I.G.I.T. dan Mooner juga bertindak sebagai co-producer pada “There’s a Light at the End of the Tunnel”, dengan mengisi vokal, gitar dan bas, serta mengerjakan mixing lagu tersebut.

“Mereka memberikan elemen-elemen yang kami tidak punya, kayak masakan dikasih bumbu yang baru,” kata Arina soal kolaborasi mereka.

Mocca berharap album ini akan memperkenalkan mereka ke pendengar baru, sambil memperluas pendengar di luar negeri. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka telah menyiapkan “All the Way” versi bahasa Jepang yang akan beredar secara eksklusif dalam format digital di Jepang, Taiwan dan Korea Selatan.

“Mudah-mudahan banyak yang mau dengar albumnya dan bisa berdampak positif untuk pendengar karena lagunya berisi ajakan-ajakan positif,” kata Indra penuh harap.

“…Day By Day masih kaya akan elemen musik pop. Mocca belum sepenuhnya melangkah jauh dari akar mereka. Hanya saja di album ini, akar tersebut bercabang ke berbagai genre berbeda. Kekayaan instrumen yang diadopsi ke dalam ‘Brand New Day’ dan ‘Everything Is Gonna Be Fine’ menjadi bukti pengalaman dan kematangan Mocca secara musikalitas,” menurut ulasan dari situs Cultura. “Album studio keenam ini akan menjadi salah satu yang terbaik dari Mocca…”

Album ini bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *