Pesona Folk Betawi ala Amboro

Setelah tampil dari panggung ke panggung selama dua tahun terakhir, materi untuk album pertama Amboro pun terkumpul, direkam dan siap untuk diperdengarkan kepada publik. Album bertajuk Sumber Rejeki yang dipersembahkan oleh Padepokan Sarang Laba itu diproduseri oleh Dado Darmawan, Reza Hilmawan, dan Amboro sendiri. Sejak 23 Desember 2020, CD album ini telah diedarkan oleh demajors di seluruh pelosok Indonesia.

Album yang terdiri dari sembilan track ini terdengar cukup seru dan menarik. Anda bakal disuguhi tema-tema yang akrab dengan keseharian di sekujur album Sumber Rejeki. Mulai dari soal putus cinta, menonton pertunjukan musik, sampai pada perasaan melankolia di kala hujan turun.

https://www.instagram.com/p/B_mrjxDDei7/

“Dengan logat Betawi yang kental ketika bernyanyi, karya-karya Amboro mengangkat topik keseharian yang lekat dengan pribadi pendengar. Meski demikian, aransemen musiknya tidak begitu terpengaruh oleh musik Betawi,” tulis situs Whiteboard Journal dalam ulasan album Sumber Rejeki. “Amboro kerap kali menggunakan gitar akustik sebagai satu-satunya instrumen pengiring. Bahkan, pada salah satu lagu yang berjudul ‘Nonton Konser’, musisi yang memiliki nama asli Dimas Amboro ini menggunakan mulutnya untuk menirukan dentuman drum sehingga menambah kesan humor dalam karya tersebut.”

Pop Hari Ini juga memberi ulasan positif tentang debut Amboro ini: “Bisa dibilang, album Sumber Rejeki seolah menjadi representasi bagaimana budaya Betawi cukup memengaruhi penyanyi bernama lengkap Dimas Amboro dalam menggarap lagu-lagunya. Budaya betawi ini tercermin dalam tiga track awal, ‘Amsani’, ‘Nonton Konser’, dan ‘Pesona Biduan Dangdut’. Lewat Sumber Rejeki pula, Amboro berhasil mengembalikan ungkapan yang menyebut bahwa musik adalah media pemersatu bangsa. Memang begitulah musik seharusnya. Menurut saya, Amboro mampu menjembatani antara penggemar musik pop, rock, jazz, reggae, dan lain-lain karena secara musik lugas, jauh dari kata mewah, dan sangat mudah dicerna.”

“Ditambah dengan lirik-liriknya yang terkesan jenaka namun masih sangat relate dengan kehidupan kita sehari-hari. Berbeda dengan Jason Ranti yang meskipun musiknya lugas, namun liriknya memiliki makna yang sangat dalam dan serius meskipun masih akan terkesan lucu kalau didengar sekilas,” tulis Abie Ramadhan di situs Pop Hari Ini. “Nampaknya, saya telah mencium bau-bau bibit unggul di industri musik Indonesia selanjutnya. Berbekal sembilan buah track keren di album Sumber Rejeki, saya pun jadi punya prediksi kalau Amboro akan mendapat tempat high rotation di beberapa gigs besar di Indonesia pada waktu-waktu mendatang.”

Sepertinya Sumber Rejeki memang cocok bagi kuping yang demen musik ala Remy Silado, Benyamin S, Warkop DKI, hingga Jiung dan Jason Ranti. Supaya lebih seru, simak saja video “Pesona Biduan Dangdut” yang disenandungkan saat syukuran album Sumber Rejeki berikut ini:

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →