Tohpati Padukan Gitar Akustik dan Orkestra

Tohpati baru saja mengeluarkan album anyar berjudul Forever. Pria berusia 48 ini tercatat telah menorehkan karya solo sebanyak 14 album selama berkarir di dunia musik tanah air. Ini di luar diskografi album berformat band serta kolaborasinya bersama sejumlah musisi lain – seperti Halmahera, Simak Dialog, Trisum, Dewa Budjana, Iwan Fals, dan banyak lagi.

Menurut Tohpati, album Forever sebetulnya sudah selesai sejak awal tahun 2020. Namun karena adanya wabah Covid-19 bikin dia terpaksa menunda perilisan album tersebut.

“Album Forever aslinya sudah jadi pada bulan Januari. Namun saat kita mau merilis sempat ada keraguan karena ada Corona. Untuk itu kita nunggu terlebih dahulu. Namun setelah rundingan, album itu dirilis kali aja butuh hiburan, akhirnya saya rilis saja,” ungkap Tohpati.

Tohpati dilahirkan di Jakarta, 25 Juli 1971 dengan nama lengkap Tohpati Ario Hutomo. Dia dikenal sebagai seorang gitaris dan penulis lagu handal di Indonesia. Sejak dulu, Tohpati kerap tampil bersama penyanyi-penyanyi pop seperti Krisdayanti, Glenn Fredly, Rossa, Chrisye, dan banyak lagi. Karya-karyanya memadukan elemen kebudayaan tradisional sejalan dengan usahanya untuk memadukan unsur modern dan unsur tradisional Indonesia dalam musiknya. Dia lantas lebih betah berada di jalur musik jazz, dengan pengaruh tebesar dari gaya permainan Pat Metheny.

View this post on Instagram

[Rilisan Baru] Tohpati – Forever Setelah merilis album Bias tahun 2018, di tahun 2020 ini Tohpati merilis kembali album solo ke 15 dengan nuansa yang berbeda dari album-album sebelumnya. Gitar akustik tetap menjadi ciri khas dengan balutan orkestra yg direkam bersama Czech Symphony Orchestra, dan seluruh komposisi yang terdapat pada album ini diciptakan dan diaransemen secara khusus oleh Tohpati sendiri. Album berisikan 7 lagu ini, orkestrasinya direkam di Praha dan rekaman gitar dilakukan di Jakarta. Album ini terasa sangat istimewa bagi Tohpati karena merupakan cita-cita sejak dahulu ingin mempunyai album dengan iringan orkestra besar (50pcs). Harapan bagi Tohpati agar album Forever ini bisa menyejukkan hati para pencinta musik Indonesia. . @tohpati – Forever (2020) CD Rp. 50.000,- Pembelian bisa menghubungi kontak tertera di bio, demajorsapp, dan demajors.com ••• @demajorsbali @demajors_bjm @demajors_batam @demajors_bgr @demajors__jambi @demajors_jb @demajors_jogja @demajors_kl @demajors_lpg @demajors_mlg @demajors_mdn @demajors_plg @demajors_pdg @demajors_pku @demajors_pwt @demajors_semarang @demajors_solo @demajors_surabaya @demajors_tangerang @demajors_tasikmalaya ••• #demajorscatalog #newrelease #atdemajors #demajorsapp #demajorscatalog #pleasebuylegalmusic #musisiindonesia #musikindonesia #banggamusikindonesia #dukungmusikindonesia #tohpati #albumforever #instrumentalmusic

A post shared by demajors (@demajorsrecs) on

Forever dibalut dengan nuansa yang berbeda dari album-album sebelumnya. Gitar akustik tetap menjadi ciri khas dengan balutan orkestra yang direkam bersama Czech Symphony Orchestra. Seluruh komposisi yang terdapat pada album ini diciptakan dan diaransemen secara khusus oleh Tohpati sendiri.

Album ini berisi total tujuh lagu. Orkestrasinya direkam di Praha dan rekaman gitar dilakukan di Jakarta. Seperti karya musik Tohpati lainnya, album ini juga dirilis secara luas dalam format CD oleh demajors sejak tanggal 20 Mei 2020.

Album Forever ini terasa sangat istimewa bagi Tohpati karena merupakan cita-cita sejak dahulu ingin mempunyai album dengan iringan orkestra besar, sekitar 50 pemain musik. Harapan Tohpati agar album Forever ini bisa menyejukkan hati para pencinta musik Indonesia.

Album Forever bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →