Album Selamat Ulang Tahun Dirilis Dalam Cakram Padat

Selamat Ulang Tahun, album debut Nadin Amizah, lahir pada tanggal ulang tahunnya 28 Mei 2020 silam dalam versi digital. Kali ini album tersebut dirilis dalam format CD oleh demajors dan Sorai sejak tanggal 1 Desember 2021.

Isinya ada 10 lagu yang didominasi komposisi instrumen gitar dan piano. Album barunya tentu memancing rasa ingin tahu dengan melihat kiprah Nadin di waktu lalu.

Pada lagu pertama, berjudul “Intro”, kita akan mendengar lagu selamat ulang tahun dinyanyikan. Namun, terdengar seperti rekaman ketika perayaan ulang tahun.

“’Intro’, di album ini diintensikan sebagai kelahiran. Beberapa hari sebelum rilis aku sempat unggah foto janin. Di ‘Intro’, kita bisa dengar orang yang putar record player, terus yang pertama kali didengar ada lagu ‘Selamat Ulang Tahun’, kemudian bayi yang tertawa. Ini menandakan kelahiran kembali aku. Di situ ada suara bunda dan ayah, tadinya mau masukin suara orang-orang penting lain, tetapi aku pikir bahwa yang bawa ke dunia itu kan bunda dan ayahku. Sisanya baru diceritakan di lagu-lagu selanjutnya,” kata Nadin kepada Media Indonesia, suatu ketika.

Hampir dari seluruh lagu di Selamat Ulang Tahun meniadakan komposisi drum. Hanya dua lagu yang menggunakan materi drum, yaitu pada “Kereta Ini Melaju Terlalu Cepat” dan “Beranjak Dewasa” yang juga menyematkan brass section. Dua nomor ini diproduseri oleh Petra Sihombing.

“Aku percayakan ke dia, dengan referensi yang kubawa. Aku pengin buat orang bisa loncat-loncat, tetapi juga tidak mau terlalu bahagia di track ini. Aku ingin mereka ingat proses beranjak dewasa itu penuh pahit dan kebingungan. Jadi ini seperti dansa dengan kepala yang masih berputar-putar. Aku ingin orang merasa lebih festive di lagu ini.”

Ia lalu menambahkan, “Lagu ‘Beranjak Dewasa’ diposisikan bukan sebagai outro. Walau terdengar seperti itu. Namun, ‘Beranjak Dewasa’ diposisikan sebagai titik balik. Makanya ada di track kelima, berada di tengah. Setelah lagu ini, ada lagu-lagu yang lebih manis bila dibandingkan empat track sebelumnya.”

Untuk menggarap album ini, Nadin sebelumnya juga sempat mengikuti kelas menyanyi. Kelas itu ternyata terbukti mampu membantu mengatasi permasalahan yang sebelumnya dihadapi. Ia merasa ada masalah di tenggorokan dan suaranya, yang menurutnya terlalu banyak digunakan sehingga ada tekanan.

“Aku lebih banyak menggunakan perasaan saat menggarapnya. Enggak memikirkan apakah misalnya nanti possible dibawakan di panggung, enggak memikirkan kecocokan itu di album ini. Banyak nada yang kuambil, dan lumayan rancu. Dan aku harap juga nantinya bisa aku lakukan ketika menyanyi di panggung. Kalau memikirkan bagaimana nantinya ketika membawakan di panggung, malah nanti albumnya akan stagnan terus.”

Nadin menulis semua lirik 10 tembang di album debutnya. Ia mengakui memang lebih banyak berkutat pada penggarapan lirik dibanding untuk urusan komposisi aransemennya. Meski, ia tetap mengutarakan berbagai keinginan lagu yang diinginkan ke sang produser. Ia mulai menulis pada tahun 2019 lalu.

“Tapi lumayan loncat-loncat. Ada beberapa lagu yang ditulis di Januari 2020 ini. Ada juga yang ditulis misalnya dari Januari tahun lalu, baru dilanjutin Februari tahun ini,” katanya.

Di lagu “Bertaut”, Nadin secara literal menulis lirik dengan panggilan Bun, yang ditujukan untuk ibunya, yang sekaligus menjadi manajernya. “Aku cuma ingin ini lebih personal ke bunda. Lagi-lagi album ini memang ditujukan ke orang-orang terdekat. Awalnya sempat mikir, kalau aku tulis secara literal ‘bun’ gimana ya? Nanti orang nggak punya cara untuk menafsirkan yang lain. Namun, Setelah kupikir lagi, aku enggak ingin orang lain menginterpretasikan, khususnya di ‘Bertaut’, tentang kisah mereka. Karena ya ini tentang aku dan bundaku.”

Nama Nadin mulai dikenal publik tanah air kurang lebih sejak tahun 2017, ketika muncul lagu kolaborasinya dengan Dipha Barus, “All Good”. Popularitasnya makin melejit setelah hit “Rumpang” yang dirilis pada September 2018.

Album ini bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *