Empat Album Maliq & D’Essentials Masuk Katalog demajors

MALIQ & D’Essentials merupakan adalah sebuah grup musik beraliran jazz yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Konon nama MALIQ adalah kepanjangan dari Music And Live Instrumental Quality. Sejak penampilan pada pergelaran Jakarta International Jazz Festival 2005, popularitas mereka semakin meningkat terutama di kalangan anak muda Jakarta.

Perpaduan lirik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam lagu-lagunya menjadi salah satu andalan khas mereka. Musik yang dimainkannya khas, memadukan urban pop, jazz, RnB, dan banyak lagi. Kadang tidak terkesan seperti lagu-lagu populer Indonesia pada umumnya.

Di sepanjang kariernya, Maliq & D’Essentials sudah mengeluarkan tujuh album studio, mulai dari 1st, Free Your Mind, Mata Hati Telinga, The Beginning Of A Beautiful Life, Sriwedari, Musik Pop, hingga Senandung Senandika.

Kali ini empat album mereka masuk dalam katalog distribusi demajors, dan diedarkan luas ke seluruh pelosok Indonesia. Album-album tersebut adalah:

Sriwedari
Di awal tahun 2013, tepatnya tgl 25 Januari, Maliq & D’Essentials bersama label independen bentukan mereka, Organic Records, merilis album kelima yang diberi judul Sriwedari. Bagi penikmat musik Maliq, album ini sering dianggap sebagai album transisi di mana arah musik mereka berubah dari album-album sebelumnya. Proses pengerjaan album ini hanya memakan waktu selama dua bulan dengan berisikan 9 lagu. Salah satu lagu yang menarik dari album ini adalah “Drama Romantika”, di mana mereka mengeksplor unsur musik dangdut.

Musik Pop
Pada awal April 2014, Maliq & D’Essentials mengumumkan akan merilis album keenam mereka. Hal ini cukup mengagetkan untuk penikmat musik pada saat itu, dikarenakan jarak yang cukup singkat dari album sebelumnya, hanya berselang satu tahun. Tak lama setelah itu Maliq langsung merilis single terbaru mereka, “Ananda”, dengan menggaet musisi senior Indra Lesmana untuk turut berkontribusi mengisi bagian solo. Maliq & D’Essentials merilis Musik Pop dalam bentuk CD, kaset dan vinyl. Versi vinyl dari Musik Pop hanya dicetak sebanyak 300 keping dan habis terjual dalam waktu singkat. Banyak orang berpendapat jika Musik Pop adalah album masterpiece Maliq & D’Essentials. Musik Pop mendapat beragam sambutan positif karena memberikan warna baru bagi musik Indonesia. Single kedua dari album ini, “Semesta”, dipilih untuk menjadi soundtrack utama dari film yang fenomenal pada saat itu, Filosofi Kopi.

Deluxe
Album Deluxe 2in1 yang dirilis untuk menandai ulang tahun ke-13 kelompok musik ini sudah laku lebih dari 10.000 keping. CD album ini berisi lagu-lagu yang dicomot dari album Sriwedari dan Musik Pop. Yang jadi penariknya adalah, di album Deluxe ini ada single eksklusif berjudul “Aurora”.

Senandung Senandika
Berselang tiga tahun setelah perilisan Musik Pop, di awal tahun 2017 Maliq & D’Essentials memberikan pengumuman jika mereka sedang meramu Senandung Senandika, album ketujuh mereka. Ini adalah kabar gembira bagi para penikmat musik yang sangat penasaran akan ke arah mana musik Maliq & D’Essentials setelah album Musik Pop, tiga tahun silam. Penantian usai, Senandung Senandika resmi dirilis pada tanggal 15 Mei 2017, bertepatan dengan ulang tahun mereka yang ke-15.

Album ini bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *