Merayakan 21 Tahun Kiprah demajors

Berawal dari tahun 2000, Demajors Independent Music Industry (DIMI) didirikan di Jakarta. Gagasan itu muncul dari persahabatan dengan komunitas musik independen dan kecintaan terhadap musik itu sendiri. Dimulai dengan membangun record store, yang kemudian berkembang menjadi label rekaman dan jaringan distribusi.

Sadar bahwa distribusi merupakan aspek penting yang dibutuhkan bagi industri kreatif, musik pada khususnya, maka demajors sangat memperhatikan sektor tersebut. Selama ini, DIMI berkomitmen terus meningkatkan jumlah rilisan secara signifikan, tentunya dengan kurasi yang tepat, sebagai perwujudan misi demajors untuk menjadi bagian dari pengarsipan musik Indonesia yang berkualitas.

Pada tanggal 30 Maret 2021, demajors merayakan hari jadinya yang ke-21. Hingga kuartal pertama tahun 2021 ini, demajors telah menaungi hampir 800 katalog album musik. Sejauh ini demajors sudah mendistribusikan ratusan ribu keping CD dan ribuan keping piringan hitam karya berbagai musisi Indonesia beragam genre musik ke pasaran luas.

Setahun terakhir ini pula, sebagai bagian dari komunitas digital, demajors terus memperbarui tampilan website-nya. Selain tampilan katalog secara keseluruhan, salah satu menu barunya adalah kanal berita musik seputar katalog album serta musisi yang bernaung di bawah jaringan demajors.

Tidak hanya website, demajors juga terus mengembangkan aplikasi digitalnya. Aplikasi demajors yang diluncurkan sejak akhir tahun 2017 melalui iOS dan Android itu memudahkan penikmat musik mengakses semua katalog, mendengarkan demajors radio, serta menyaksikan kanal demajorsTV. Dengan jutaan kali stream secara keseluruhan, demajors radio dan demajorsTV akan terus menyuguhkan program-program yang seru dan menyenangkan bagi publik.

Setahun belakangan ini memang menjadi masa yang berat bagi industri kreatif, termasuk industri musik. Banyak hal-hal berkaitan dengan musik yang harus ditunda atau beradaptasi dengan kondisi. Contohnya seperti Synchronize Fest 2020 yang kemudian kami gelar di stasiun televisi nasional.

Ke depannya, demajors mencoba terus optimis dan berproses menjalankan beberapa agenda dan program ke depan. Seperti misalnya penetrasi pada aktivasi digital, rekonstruksi demajors radio, pengembangan jaringan [at]demajors di beberapa kota/daerah, hingga pengemasan Synchronize Fest dengan segala turunannya. Tentu saja masih ada kejutan lain dari demajors yang sedang disiapkan berbekal passion yang kuat akan musik.

Selama ini demajors bisa bertahan dan berproses bersama-sama dengan tim yang solid, serta semangat kekeluargaan yang kuat. Tidak hanya di Jakarta, melainkan di berbagai pelosok Indonesia, bahkan Malaysia.

Kami tahu pasti bahwa semua itu tidak mungkin dapat kami lakukan sendiri. Untuk itu, demajors ingin menyampaikan terima kasih kepada teman-teman musisi, manajemen artis, promotor musik, media massa, mitra kerja dan sponsor, toko rekaman dan outlet, serta seluruh konsumen setia demajors. Tanpa partisipasi anda semua, kami tidak akan mampu bertahan sampai detik ini.

Atas nama keluarga besar demajors, beserta demajors radio dan demajors TV, Synchronize Fest dan Synchronize Radio, serta jaringan [at]demajors di berbagai daerah, kami mengucapkan salam hormat dan terima kasih banyak atas segala dukungannya selama 21 tahun ini.

Kita akan tetap bersama bergandengan tangan demi kemajuan ekosistem musik Indonesia. Semoga semua sehat dan tetap bergerak penuh gairah. Mari bersulang!

Salam,
Demajors Team

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *