Janapati: Proyek Ambisius Dua Gitaris Papan Atas Indonesia

Alkisah, gitaris sekaligus produser musik Tohpati bikin proyek musik bersama gitaris Dewa Budjana. Hasilnya adalah album debut proyek tersebut yang dikasih nama Janapati dan telah diedarkan juga oleh demajors dalam format CD dan piringan hitam sejak akhir tahun 2019 kemarin.

“Aku sama Dewa Budjana mau merilis proyek duo akustik. Dari materi banyak akustiknya, pakai orkestra dari Praha. Insyaallah nanti akan konser di Taman Ismail Marzuki. Namanya dari singkatan kami, Janapati. Tetapi ternyata ada artinya dalam bahasa Sansekerta,” kata Tohpati kepada situs Medcom.id, dua tahun silam.

Ini bukan kali pertama Tohpati terlibat proyek musik bersama Dewa Budjana. Sebelumnya, mereka sempat membentuk trio bernama Trisum dengan gitaris Balawan.

Proyek Janapati antara Tohpati dan Dewa Budjana ini sebenarnya sudah lama digagas. Namun, karena kesibukan keduanya maka proyek ini terus tertunda.

“Sebelum Trisum aku sama Budjana sudah jalan duluan. Dari dulu kami sudah banyak materi, cita-cita bikin album sudah bertahun-tahun lalu. Tetapi Budjana sibuk juga kan jadi baru sempat sekarang,” tutur Tohpati.

Soal alasan melibatkan kelompok orkestra asal Praha, Republik Ceko, menurut Tohpati tidak lepas dari proses kreatif mereka dalam mencari sesuatu yang baru: “Ingin sesuatu yang baru. Karena Budjana sudah bikin [musik] rythm section dan aku juga sudah bikin [proyek musik] etnik, fussion rock, solo gitar. Tantangan baru saja bikin pakai orkestra.”

Album ini bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *