Sambut Aksi Maniac dari Flava Effect

Kota Surabaya memiliki sejarah panjang dengan komunitas masyarakat dari Indonesia Timur. Sebagai gerbang ke ‘pusat aksi’ – Pulau Jawa – segala bentuk gesekan yang menjadi bagian proses asimilasi mereka di kota terbesar kedua di Indonesia itu memiliki jejak hasil seni budaya yang menarik, utamanya dalam musik populer. Dari masa ke masa Surabaya seperti menjadi kawah candradimuka bagi banyak talenta berdarah Indonesia Timur. Dari mulai Tielman Brothers hingga kini dalam wujud aksi hip hop bernama Flava Effect.

Setelah merilis single pembuka berjudul “Batu” di bulan Agustus lalu, Flava Effect kembali dengan  menghadirkan album penuh perdana bertajuk Maniac. Album tersebut, yang juga merupakan hasil lanjutan kerja sama antara demajors dengan Pasukan Records, dirilis dalam format compact disc (CD) dan digital pada tanggal 29 Oktober 2021.

Maniac berisikan 10 lagu agresif yang mengekspresikan kerasnya kehidupan kelas pekerja kota besar dalam tradisi hip hop yang kental. Menggaungkan kembali gaya boom bap yang begitu  populer di era keemasan hip hop, akhir ’80-an hingga awal ’90-an. 

“Itu sebuah album tentang hip hop menurut idealisme Flava Effect. Hip hop sebagai kehidupan yang dijalani dan rap sebagai langkahnya,” jelas Shan Fateh tentang Maniac.

Maniac diartikan secara harafiah sebagai seorang maniak, seorang gila, dan secara metafora  sebagai maniak musik hip hop. Like a maniac, we’re hip hop maniac,” tambah Iron G menjelaskan  gagasan di balik judul album.

Dalam proses penggarapan materi album, Flava Effect dibantu oleh beberapa pesohor hip hop 
seperti Sonjah, Soundstarz, Lazy Beat, Uncle T, Brampi, dan Anofa. Dikerjakan di kota Surabaya 
dan membutuhkan waktu cukup lama untuk selesai, dengan proses penyesuaian penyatuan 
nyawa dan karakter tiap pribadi yang terlibat, utamanya keempat rapper, yang masing-masing 
memiliki karakter kuat dan keras.

Flava Effect juga memperkenalkan singel pertama untuk album yang berjudul “Pagi”. Bercerita 
tentang awal dari rutinitas, dengan segala problematika yang menanti, hingga pagi kembali 
menjelang. Dalam waktu dekat singel “Pagi” juga akan tampil dalam bentuk video musik yang 
digarap oleh seorang sineas asal kota Surabaya. 

Flava Effect adalah sebuah kelompok hip hop asal Surabaya yang beranggotakan Shan Fateh, Eja, Kya Butto, dan Iron-G. Mereka terbentuk dari pergerakan para ‘rakat’ (perantau asal Indonesia Timur) di kancah hip hop Surabaya. Berawal dari sebuah kelompok bernama Family in Journey yang kemudian terpecah menjadi beberapa grup, di antaranya adalah MukaRakat dan Flava Effect. Dibentuk pada tahun 2016, Flava Effect tumbuh dengan pengaruh kuat warna musik dan rima dari aksi-aksi seperti Blabbermouf, Black Sheep, dan Lords of the Underground.

Album ini bisa didapatkan melalui situs demajors.com, demajors App, maupun di seluruh jaringan (at)demajors.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *