Setahun GODSIGMA, Sajama Cut Terus Melaju

GODSIGMA merupakan album penuh kelima Sajama Cut sepanjang karirnya selama dua dekade ini. Berbalut riff gitar yang gegap gempita, melodi yang catchy namun “digembosi” lirik sarat sarkasme serta aransemen yang lebih organik dibanding album-album sebelumnya, GODSIGMA terdengar seperti arah baru yang manis untuk Sajama Cut.

GODSIGMA dirilis dalam semua kanal digital pada 16 Oktober 2020, dan telah diperdengarkan secara resmi untuk pertama kalinya melalui akun OnlyFans resmi Sajama Cut (onlyfans.com/sajamacut). Versi fisik GODSIGMA diedarkan dalam format CD oleh jaringan distribusi demajors sejak tanggal 12 Desember 2020.

Ini artinya GODSIGMA telah berusia satu tahun. Dan tampaknya Sajama Cut masih punya kejutan karya baru lagi.

Pertama, adalah sebuah nomor anyar bertajuk “Payudara (Bijaksana Beriman)”. Menurut Sajama Cut sendiri, lagu tersebut sejatinya sudah direkam bersamaan dengan sesi rekaman dari GODSIGMA.

“Tadinya memang direncanakan masuk album, tapi kita menghindari lagu ini jadi ‘heboh’ sendiri karena judulnya. Dan dalam konteks album, susah ada ruang untuk menjelaskannya dengan benar”, ungkap Marcel Thee kepada Pop Hari Ini.

Nomor ini memang membawa sebuah isu mengenai victim blaming dalam hal kekerasan seksual yang kerap terulang di Indonesia.

“Lagunya diambil dari sudut pandang tipikal orang munafik yang suka melecehkan dan merendahkan wanita, namun merasa berhak mengatur cara hidup (wanita). Sexist, bahkan misogynistic, suka melarang wanita tampil begini-begitu, karena dia bisa melihat wanita hanya dari sudut pandang sempit dia”, tutur Marcel.

Lagu itu dirilis dalam format digital dan tersedia secara eksklusif melalui The Store Front. Sebuah video musik yang disutradarai oleh Nitya Putrini juga turut memuat sebuah kutipan dari Okke Oscar, seorang aktivis hak asasi wanita. Kabarnya, akan hadir juga format kaset yang dirilis oleh Orange Cliff Records.

Selain itu, Sajama Cut juga melepas sebuah EP bertajuk Payudara EP, berisikan delapan nomor yang berisi demo dan voice note mentah dari nomor-nomor yang hadir di GODSIGMA.

About Demajors News

Editorial Board at Demajors News Room.

View all posts by Demajors News →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *